Sedikit kenangan Pasar Cikokol

Posted on November 2, 2007. Filed under: sejarah |

15 Oktober 2007, pemkot Tangerang resmi menggusur Pasar Cikokol. Pasar ini rencananya dipindahkan ke lokasi pasar baru di Jalan Moh. Yamin Tangerang. Pasar baru modern Cikokol terdiri dari 190 kios, 166 los, 384 lapak, dan tambahan 150 kios. Di atas lahan lama akan dibangun Tangerang Trade Center.

 

Apapun wujudnya, tidak seperti penggusuran pasar di daerah lain rupanya penggusuran Pasar Cikokol win-win solution bagi pedagang dan Pemkot. Tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Tapi penulis tidak ingin mengomentari penggusuran namun bercerita seputar kesan terhadap pasar ini.

 

Dulu semasa penulis kecil, lokasi rumah tidak terlalu jauh dari Pasar Cikokol. Saat itu pasar tidak terlalu ramai. Hanya saja menjadi pusat penjualan sayur-mayur dan buah-buahan. Pedagang pun tidak sampai berdagang di pinggir-pinggir jalan.

 

Jika sudah hari Minggu, banyak warga Tangerang yang mampir belanja usai senam atau lari pagi. Ibu penulis salah satunya. Pemandangan rombongan ibu atau bapak berseragam olahraga sambil kedua tangannya menenteng kantong belanjaan kerap terlihat di pagi hari.

 

Ketika itu juga Pasar Cikokol masih berdampingan dengan Terminal Cikokol. Kala itu terminal ini didatangi bus dari Bogor, Merak, dan Jakarta. Jika musim lebaran, keramaian tampak di lokasi ini. Pedagang ketupat dan bunga plus para pemudik yang ingin keluar kota.

 

Tetapi jaman terus berubah. Tangerang yang semula kota kecil terus berbenah sebagai penyangga Ibukota. Terminal Cikokol menjadi yang pertama kali dihapus keberadaannya. Kini berganti menjadi sebuah taman kota yang kian hari seperti tidak terawat. Penggantinya sendiri adalah Terminal Poris yang sayangnya enggan disinggahi sejumlah angkutan umum.

 

Pasar Cikokol pun akhirnya tergusur setelah berulang kali dicap merusak pemandangan kota. Memang sejak 90an, sudah jarang menemui warga yang menyempatkan berbelanja usai olahraga. Apalagi ditengah menjamurnya pasar modern yang tentunya lebih baik di hati konsumen.

 

Pasar Cikokol telah menjadi bagian dari kota Tangerang. Tapi kini hanya tinggal cerita saja. Kenangan untuk seluruh warga Tangerang.

 

Megi Primagara

Make a Comment

Leave a comment

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...